Rencana SNMPTN yang Baru...

Wah akhirnya udah beres UAN baru bisa cerita lagi nih.... Tinggal nuggu pengumuman tanggal 6 Juni kalau tidak salah(doakan lulus ya..).

Sekarang memang masih ada ujian sekolah dan ujian praktek tapi lebih mending lah dibanding mikirin UAN yang bikin stress. Belakangan pendaftaran untuk ujian mandiri PIN udah banyak dibuka. Untuk PTN di kota Bandung USM ITB, SMUP Unpad, UM UPI udah mulai dibuka pendaftarannya. Untuk USM ITB, udah pada tau pasti dengan formulirnya yang nyampe 600rb aja bikin orang-orang dengan ekonomi biasa mengundurkan diri. Yang dua lainnya memang biaya pendaftarannya masih harga standar(kisaran 200-350rb), tapi tetep yang namanya “dana sumbangan” yang guedenya jetian ga bisa diilangain.

Lupakan soal ujian mandiri PTN yang mahal itu, sekarang saya sedang fokus narget SNMPTN. Untuk yang ortunya ekonomi menengah kebawah seperti saya, masuk ke PTN memang lebih mungkin lewat SNMPTN. Alasan utama karena biayanya murah, tapi ga enaknya saungannya itu se-Tanah Air tercinta. Saya tau pasti perlu usaha yang kuat untuk tembus. dan menyingkirkan ribuan peserta yang memilih jurusan sama.

Mungkin di postingan saya sebelumnya(disini) udah cerita tentang rencana kuliah, tapi sepertinya rencana itu tak akan dilaksanakan karena saya udah punya rencana baru yang saya anggap memang lebih baik. Rencana SNMPTN saya :

SITH(Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati) – ITB

Teknologi Pangan – UNPAD
Pendidikan Bahasa Jepang – UPI

Ini baru rencana, tapi kayanya saya udah yakin mau ngisi kaya gini di formulir IPC nanti. Entah kenapa sejak beberapa minggu lalu semangat saya untuk belajar yang berbau science jadi lebih kuat. Science nya yang berhubungan dengan hal-hal mikro seperti zat-zat makanan(protein, karbohidrat, dll), mikroorganisme(bakteri, protozoa, dll). Semua hal itu didasarkan atas impian saya untuk belajar ke Jepang. Saya berusaha mencari caranya untuk bisa belajar ke Jepang terutama beasiswa.

Beasiswa ke Jepang sangat banyak untuk jurusan-jurusan science, dan akhirnya saya memutuskan untuk memilih SITH ITB di urutan pertama. Pastinya ITB yang pertama, karena masuk ITB itu saingannya banyak. Juga kerjasama dengan Universitas di Jepang sangat banyak. Dengan harapan masuk ke jurusan mikrobiologi di tahun kedua(kalau saya masuk ya...), karena penasaran juga dengan ilmu ini(yang pasti ga akan tertalu banyak fisikanya). Virus yang menjadi pandemi juga mungkin bakal dibuat penelitiannya. Yang lagi rame kan temennya si H5N1 si H151,豚インフルエンザ alias flu babi. Saya punya moto ITB=(currently)(the biggest) way to study in Japan , haha kaya promo aja. Harapan saya di jurusan ini mudah-mudahan tercapai. Bisa lanjut S2 ke Jepang lewat monbukagakusho(hmmm,,usaha dulu), atau bekerja dengan sallary yang memuaskan. Usaha dulu ya....

Untuk teknologi pangan Unpad saya memang sangat tertarik dengan perkembangan produksi makanan di zaman ini. Makin banyak macem, bentuk, rasa, dan bungkusnya. Makanan racun yang banyak dijual juga saya ingin berantas(kalau bisa ya..). Terutama jajanan untuk anak-anak yang memang lagi hobinya jajan. Coba bayangin mereka tiap hari jajan di pinggir jalan yang makannya udah kena debu+belum jelas komposisinya. Gimana anak Indonesia mau sehat&cerdas ya kalau makan aja masih kotor? Coba jajan tuh sayuran, buah-buahan(tapi jgn yang 1rb an, itu juga racun), pokonya yang gizinya seimbang buat anak-anak. Harapan di jurusan ini tetep, saya ingin bisa terus ke Jepang. Sampai saat ini uang saya tahu Unpad punya program exchange student dengan Rikkyou University Tokyo dan Tenri University. Juga harapan bisa kerja di perusahaan makanan asal Jepang kaya Pocari Sweat, Soy Joy, C1000, Yakult, Nissin, dll. Mimpi+ngarep dikit boleh kan....

Satu lagi Pendidikan Bahasa Jepang UPI. Jurusan ini udah tetep ada di benak saya sejak awal kelas 3, karena emang dasarnya udah suka belajar b.jepang. Melihat prospek kedepannya juga, kalau untuk jurusan bahasa memang lebih baik jadi guru. Ilmu bahasa kan bisa dipelajari siapa aja asal mereka mau dan memang membutuhkan. Karena itu dibutuhkan guru yang handal biar murid-muridnya pada nguasain, ahahaha. Gurunya canggih muridnya juga bakal ikutan canggih. Harapan di jurusan ini udah jelas tiap hari bakal belajar jejepangan sampe mudal, tetep ada exchange student for Japanese Study dari Monbukagakusho.

Itu semua baru SNMPTN. Mungkin saya bakal daftar politeknik-politeknik kaya poltekkes, polban. Tapi besar haran saya bisa tembus SNMPTN di jurusan yang saya minata dan takdir dari Allah yang terbaik untuk masa depan saya, Amiiiiiin...


0 comments:

Post a Comment

visitor's countries

free counters
 

Blogger news

go green indonesia!

Blogroll

About