Laboratorium Kimia Klinik: Analis Kesehatan Banget!

Pertama kali masuk lab ini tanggal 1 Desember 2009. Sebenernya bukan matkul kimia klinik karena saya masih tingkat1, tapi matkul Instrumentasi yang alat2nya ada di lab kimia klinik kaya centrifuge, chloridometer, fotometer, dll.

Tanggal 1 Desember 2009, kelas 1A kebagian praktek jam 13.00 , itupun bentrok dengan kelas 2B yang praktek di lab kimklin juga. Tapi kita ada sedikit responsi(istilah keren untuk teori awal sebelumpraktek) dan kita responsi di kelas G! Sebenernya ini kelas khusus untuk prodi DIV(orang dewasa memang selalu mendapat yang spesial..), tapi ibu Ani(dosen kimklin) nyuruh kita di kelas G aja. Kita anak tingkat 1 yang selalu berada di kelas biasa yang tanpa AC, bisa merasakan kursi yang empuk + kelas yang sejuk...hahaha

wow, air conditioner...sejuk...*kampung*

Lanjut ke prakteknya di lab kimklin. Praktek yg sekarang tentang Pemeriksaan Protein Total pada Serum, pemeriksaan Sedimen urin,juga hematokrit.Kalau yg protein total, kita ngambil sampel+pereaksi pakai micropipette yang dimana kalau pake alatitu harus hati2. Ternyata harus ada tekanan satu ama tekanan duanya,,(padahal di lab kimter pake ni alat, tapi ga diajarin cara pakenya...ckckck). Semuanya pada tegang ampe tremor pas mipet. Saya pun nyoba, dengan hasil 73 dan akhirnya ketika diumumkan True Valuenya..adalah 65. Yaahh, dapet nilai 85 gapapa lah...(walo dlm hati nyesel)


fotometer mikrolab 300 konon harganya Rp 60.000.000, 00

Yang pemeriksaan sedimen urin, lumayan rame soalnya ini pertama kali praktek pake mikroskop binokular...Pakai sampel urin salah satu relawan dari kelompok(teh lestari). Pas dicek di mikroskop ada sel epitel, ama leukosit.Sebenernya ga terlalu jelas soalnya ga pake pewarnaan. Terus penasaran pengen liat yang kelompok lain, wow ada kristal2 panjang! Katanya itu disebabkan kurang minum.


gambar kristal tirosin(tyrosine crystals)
*bukan gambar asli dari sampel yg saya amati*


Yang terakhir hematokrit. Sebenernya si darah ni juga harus diliat di mikroskop, tapi berhubung waktu udah MAGRIB jadi cuma ngitung hematokritnya aja...Yang jadi relawan si hanif, dan katanya "asa sakit diambil darah ku si ibu.." hahaha.


*Hematokrit = perbandingan tinggi sel darah dengan supernatan setelah diberi gaya sentrifuge pada tabung reaksi


3 comments:

  1. Dan dapet foto sampel feses.. Hahahahahahaha !!

    ReplyDelete
  2. foto2 kekerasan gw pasang di blog jgn ya?
    tp takut mencemarkan nama baik...

    ReplyDelete
  3. fotonya pajang dong fer! biar fenomenal! (jd penasaran,, hha)

    ReplyDelete

visitor's countries

free counters
 

Blogger news

go green indonesia!

Blogroll

About