第9回 西ジャワ 高校日本語 文化祭 (Festival Budaya dan Bahasa Jepang SMA se-Jawa Barat ke-9)

Akhirnya hari ini datang juga. Hari yang sudah kutunggu-tunggu sejak daftar jadi peserta nouryokushiken. Maklum baru pertama kali ikut lomba membawa nama SMAN 4 Bandung tercinta. Berangkat pagi-pagi naik bus bersama dengan dua anak kelas X(yang satu ikut lomba roudoku, yang satu nganter aja).
Sesampainya disana, sudah banyak anak SMA se-Jabar yang daftar ulang semua lomba. Saya melihat disitu ada pengumpulan surat dinas untuk guru pembimbing. Tapi emang SMAN 4 BDG ada guru pembimbing b.jepangnya ya?? Sempat khawatir, tapi akhirnya bertemu dengan Bu Neni ketua MGMP B.Jpg se-Jabar yang pernah menelepon saya soal tidak adanya guru pembingbing. Dan si ibu bilang karena tidak ada gurunya, tidak apa-apa lah...Akhirnya saya daftar ulang dan dapat nomor 38. Ternyata setelah itu pembukaan sampai jam 10an.
Tes nouryokushiken akhirnya dimulai. Saya duduk kedua dari depan, dan untungnya tidak ada tes choukai... Ada cewek yang duduk di depan saya, wah dandanannya bikin saya takut deh, Sejenis anak metal atau apa ya, pokonya rambutnya tuh gaul abis kurang lebih kaya si agnes yang pinggirnya rada pendek(sangat pendek) dan rambut atasnya yang ngegumpel kaya sapu ijuk. Lupakan saja itu....
Saya buka lembar tesnya, halaman pertama isinya gambar dan ada pilihan jawabannya. Di sesi ini saya salah dua soal. Gambar kapur dan motor. Kapur in English is CHALK, yeah i know that tapi ditulis pake katakana nya itu, ada dua pilihan チョック dan チョーク . Tapi saya pilih チョック dan jawabannya salah,,, Yang motor オトバイ dan オートバイ, saya memilih オトバイ dan akhirnya sudah 2 kesalahan....
Bagian II, KANJI. Yakin betul 100%, tapi rada ragu pas kanji 二十\u26085 日(hatsuka), tapi saya inget-inget kalau 20 tahun itu hatachi pasti jawabannya mirip-mirip itu dan akhirnya benar. Bagian III, memilih jawaban yang tepat. Hhhmmm... kayanya salah satu... di soal やまださん、ドリアンを______ ことが ありますか。 Saya fokus ke jawaban たべ dan mengisi itu. Pas dicek sama kang chandra senpai, ternyata yang bener itu たべた. Kalau diartikan kalimatnya menjadi : “Tuan Yamada, pernah makan durian?” . Dan saya belum pernah bertemu soal yang seperti itu, dan otomatis salah....
Bagian IV, menjawab dari percakapan. Dari sesi ini yakin 100%, soalnya saya udah lumayan terbiasa dengan soal-soal lv4. Bagian V, tebak-tebakan! Saya ga nyangka ternyata ada soal seperti ini ya. Kita diberikan paragraf pendek, dan kita menebak benda apa yang sedang dibicarakan. Yakin 100% betul, tapi ada yang bikin pusing waktu paragraf (sesuai teks asli):

このどうぶつは いけにもつちにも いきて います。 かたちは みじかいのも ながいのも あります。 かわの いろも いろいろ あります。 しろくて、くろいどうぶつが います。しかし、きいろくて、くろいどうぶつも います。ちょっと あぶないです。

Saya sudah tahu kalau ini pasti makhluk amphibi karena bisa hidup di いけ(ike, kolam), つち(tsuchi, darat). Tapi masalahnya, saya belum tahu kalu b.jepangnya ular itu へび(hebi). jadi saya malah sempet ngejawab えび(ebi,udang). Tapi mikir lagi, “maenya udang bisa di darat?”. Karena kalau dua pillihan yang lain sudah pasti salah うさぎ(usagi,kelinci) dan うなぎ(unagi, belut). Tapi akhirnya saya memilih へび walaupun saya belum tahu itu artinya apa(hanya menebak).
Bagian VI, isian. Saya menyangka kalau essay nya itu akan disuruh membuat sakubun. Kalau sakubun, saya bisa sedikit mengeluarkan huruf-huruf kanji andalan saya. Tapi salah besar, ternyanya hanya disuruh mengisi kalimat yang belum lengkap. yang bikin bingung ada tiga soal :
2. あのへやは まどが しめて_________
saya jawab : います
harusnya : あります
4. うさぎが____________います。
saya tidak isi karena benar-benar lupa satuan untuk binatang keci...ldan setelah diingatkan oleh kang chandra yang いっぴき, saya baru inget. Tapi kalau jadi pertanyaan, apa jadi NANPIKI? NANBIKI?
5. えんぴつが__________あります。
saya jawab :なんぽん
yang benar tidak tahu なんぽん atau なんぼん, soalnya huruf H bisa jadi P/B,


Yaaahhh, kumpulin aja lah. Akhirnya dikumpulin dan berlanjut dengan kegiatan mengetahui jawaban yang benar dan mengerjakan MATEMATIKA , 数学!!! 好きだよ!!! (huegggg....)
Saya sempat melihat penampilan peserta-peserta supiichi. Sugokatta.... Semuanya pada jago lah bahasa jepangnya. Tapi yang saya perhatikan rata-rata, tema pidatonya itu tentang “watashi no gakkou”, “watashi no shumi” , “gengo wo benkyousuru”. Hhhhmmm...ga kebayang kalau saya ikut.....ngadegdeg aja meureun.....tapi tema pidato saya yang belum diterbitkan mungkin bisa membuat Native Judge a.k.a Nihonjin aslinya tertarik (pd pisan??? yakin???) hahaha...ga tau juga lah. Soalnya saya ga nonton dari awal. Tapi saya mendengar banyak sekali peserta yang logat sunada na “lekoh/kentel” pisan. Maklum lah se-Jabar, nya enya sunda hungkul.... Tapi ini mah nyunda pisan....


優勝者は誰ですか。Akhirnya pengumuman pemenang, setelah sebelumnya diisi oleh games yang dipimpin sama guru SMA10nya(mungkin), Si bapak eta ngabodorna bisaan lah, jago. Saya ga dapet hadiah amplop(kayanya isi 20ribu) gara-gara telat ngacung terus. Yang pertama pengen jawab monosashi keduluan, pengen jawab booru, keduluan, nepikeun beak teu kabagean.
Lomba shuuji, hasil karya para pesertanya dipajang di dinding depan. Dan yang menag tuh ada SMK dari Cirebon yang pake seragam jiga TNI yang hebohnya bukan maen. Mereka teriak-teriak “oh my god, oh my god” keras pisan dan cengkok centil tea...(-_-)“. Yang juara 1 shuuji tuh SMAN 14 Bdg..
Selanjutnya.... Nouryokushiken!!!! Dokidoki shiteimasu yo.... Dan diumumkan yang masuk 10 besar dari 160 peserta. Peringkat 10, 9, 8, peringkat 7...dengan nomor peseta 38, atas nama FERIYADI RAMANSYAH dari SMAN 4 BANDUNG..... huuuaaa rank 7??? Pertama bersyukur kepada Allah swt dulu.... tapi rada kecewa, kenapa saya ga bisa setidaknya rank4 biar dapet piala?? Itu aretunya harus B.E.L.A.J.A.R lagi. Btw..... ternyata yang dapet rank 9,8,7 tuh nilainya sama-sama 82(kalau ga salah). Saya tidak tahu kenapa saya yang jadi rank7, tapi mungkinn....(mungkin.....) karena saya menulis dua kanji di jawaban isian. Saya menulis 食べます dan 作ります. akhirnya jadi rank7? Asalnya saya mau menulis 捨てて dan 吸って juga, tapi itu kan kanji yang level susah untuk SMA(tapi saya udah bisa nulisnya,,,,som.bonk), takut curiga atau apa, saya tidak jadi menulisnya dan pakai hiragana saja. Yang dapet juara 1,2 itu laki-laki dua-duanya...haduhh seandainya itu posisi saya....
Lomba Roudoku. Kohai saya, si Visi. Dia ga menang.,ga apa-apa pengalaman maklum baru kelas X jalanan masih panjang. Yang juara satu itu anak SMK1 Bandung, cewek,imut,suteki na hito da na, bersih lah(istilah saya...^,^).. Kata si visi, dia mah bacanya tuh rada-rada dihafal jadi kaya story telling weh katanya.....
Yang paling heboh pengumuman. supiichi. Yang dapet juara 1 tuan rumah anak SMA 10 bdg nya sendiri...hebat lah...tapi saya ga liat perform nya...Dan juara 1&2 supiichi siap dikirim ke jakarta buat tingkat nasional. Yaaahh, ini untuk pertama dan terakhir kalinya ikut lomba MGMP b.jepang, lumayan bangga dapet rank7 dari 160 siswa se-Jabar yang b.jepangnya jago-jago....

sertifikat yang belum diisi:(bakal diisi : PERINGKAT 7 NOURYOKUSHIKEN)....


Lembar soal




0 comments:

Post a Comment

visitor's countries

free counters
 

Blogger news

go green indonesia!

Blogroll

About