Lomba Cerdas Cermat B.Jepang Univ.Widayatama 2009

Jumat tanggal 13 Maret kemarin adlah hari diakannya lomba ini. Saya beserta 4 orang kohai saya yang semuanya perempuan ikut lomba ini. Tim inti 3 orang, saya sendiri, Invia XI IPA 4 dan Galuh X.7 , beserta dua orang cadangan Nurul XI IPA 5 dan Visi X.7. Walaupun saya rasa mereka belum cukup pengalaman dengan bahasa Jepang(weeitts), tapi apa boleh buat kan tim harus terdiri dari 3 orang inti dan 2 orang cadangan.

Berangkat dari sekolah naik angkot dan akhirnya sampai dengan selamat. Di jadwal acara dituliskan mulai jam 10.30 dan ternyata baru mulai jam 11.20 (biasaa). Beruntunganya saya mengambil nomor undian angka 7, karena ada 8 grup yang ikut dan dibagi menjadi 3 sesi. Sesi I untuk no 1-3, sesi II untuk 4-6, dan sisanya sesi III hanya untuk no.7 dan 8.

Setelah Jumatan dan akhirnya giliran kita(tim SMAN 4 BDG) bertarung melawan tim SMAN 24 BDG. Saya agak sedikit tegang, tapi lumayan lancara lah. Dimulai dengan pertanyaan sendiri. Terdiri dari 10 soal, 6 tentang bahasa dan 4 tentang kejepangan. Alhamdulillah untuk yang ini dibabad semua..Lalu giliran lawan kami, kami kebagian 3 pertanyaan lembaparn karena mereka tidak bisa jawab dan akhirnya saya yang jawab dan benar...Sesi pertanyaan rebutan, saya(karena yang menjawabnya saya saja, dua kohai saya diam membisu...saya ngerti, mereka belum ngerti bener b.jepang...) pun tak terlalu kesulitan sehingga kami menang dan melaju ke final.

Di final kami bertemu denagn SMAN 5 BANDUNG dan SMAN 10 BANDUNG, keduanya adalah lawan yang berat menurut saya. Dan akhirnya dimulai dengan kelompok kami giliran pertama. Tidak seperti sesi penyisihan, saya tidak bisa menjawab semua pertanyaan. Ada beberapa hal yang aneh. Kami diberi pertanyaan, “Bunga yang berubah warna saat musim gugur adalah....” . Di pikiran saya otomatis terlintas momiji, tapi momiji kan bukan bunga? Terus apa dong? Saya sedikit berdiskusi denagn kohai-kohai. Dan akhirnya saya jawab saja TSUBAKI(ngasal.com) dan ternyata salah! Terus dilempar ke kelompok lain, ga ada yang bisa jawab. Lalu disebutkan jawaban yang benarnya adalah MOMIJI! Aaaarrrggghhh!!! Keuheul pisan!

Dan saya hanya bisa menjawab 6 dari 10 pertanyaan di sesi1. Lanjut ke pertanyaan kelompok berikutnya, dan saya mendapat lemparan 2 kali, dan dua-duanya salah!!! Kota yang paling rawan gempa di Jepang? Karena ga ada yang bisa jawab, saya coba jawab untuk membuat nilai kami pas dari 550 jadi 500, saya jawab “KOBE” dan ternyata memang salah. Yang benar adalah FUKUOKA.

Berlanjut ke sesi rebutan. Di sesi ini saya mulai bangkit mengejar ketertinggalan skor. Walaupun saya kami mendapat nilai -400 kalu ditotal. Saya 3 kali salah menulis kanji, padahal saya tau cara tulis kanjinya tapi karena saya tegang dan tangannya ngadegdeg jadi salah tuh kanji-kanji. menulis kanji 電車(densha) saya kurang memberi dua garis pada kanji 車 jadinya yang ditulis 申, bodoh sekali bukan?

kanji 手紙(tegami), padahal kanji ini grup lain kayanya pada ga bisa dan saya terlalu terburu-buru jadi tangan saya geneter akhirnya kanji 紙nya kaya yang nempel dan akhirnya -100 kami dapatkan. Lalu kanji 時(toki) sala terlalu semangat dan akhirnya ada garis yang terlalu panjang dan dapat -100...

Dan skor akhir adalah :

SMAN 4 BANDUNG : 900

SMAN 5 BANDUNG : 800

SMAN 10 BANDUNG : 1150

Juara II !!! Walau di sesi pertama kita paling terpuruk dengan skor 500. akhirnya kita bisa juara II... Seandainya saya tidak gemetar waktu nulis kanji atau diam saja sehingga tidak akan dapat total -400, mungkin bisa jadi juara I... Tapi sudahlah, itu mungkin memang takdir Allah untuk kami..... Yang penting saya dan kohaitachi sudah berusaha sekuat mungkin......



Saya ngeluarin ability saya ngomong b.jpg...

saya :先生、写真を取ってもよろしいですか。

sensei :ああ、はい。。はい

saya :そこで?

sensei :はい、はい

dan foto2 pun selesai. dilanjutkan sedikit ngobrol2...

sensei :明日は来ますか?

saya :わからない。。(sebenernya ga sopan bilang wakaranai, tapi spontan)でも友達が来きます。歌います. 。ふみやふじの歌です

sensei : あぁ。。カラオケですか?

saya : いいえ、vocal group です。Accoustic。

sensei :あなたたちはとっても楽しかんったですね。。

semua:はい、そうです。どうもありがとうございました。


dan ini foto bersama Noriyama sensei dan ... sensei(lupa namanya)....




0 comments:

Post a Comment

visitor's countries

free counters
 

Blogger news

go green indonesia!

Blogroll

About